Home » » HIKMAH PUASA LAMBUNG TAMASYA

HIKMAH PUASA LAMBUNG TAMASYA




Salam sehat dengan herbal….sobat herbal kali ini saya akan membahas tentang hikmah puasa, kita puasa tapi ga tau hikmah dan manfaatnya sungguh naïf bukan? InsyaAllah dah pada tau yah, yang belum tau boleh disimak, dari judulnya saja kita sudah bisa memahami hikmah puasa lambung tamasya …..baiklah langsung aja kita bahas….
                                Hampir  banyak orang  dari  anak-anak ,usia senja begitu suka cita bila diajak bertamasya ke laut,gunung atau tempat-tempat wisata. Apalagi mereka yang setiap hari didera kesibukan bekerja, rumah tangga, sekolah dan aktivitas rutin lainya. Ungkapan kegembiraan mereka sulit disembunyikan bahkan sepanjang perjalanan begitu dinikmati dengan saling berkisah dan bersendagurau.tampaklah kesegaran dan keceriaan mereka di masa berwisata –refreshing-maupun setelah tiba di rumah kembali. Betul tidak.
                                Inilah kira-kira kegembiraan  yang juga dirasakan lambung atau organ pencernaan dikala seseorang menunaikan ibadah puasa. Pasalnya lambung termasuk organ yang nyaris tak pernah istirahat dan terus bekerja dengan cermat sepanjang seseorang menelan makanan dan menegak minuman. Maka bagi lambung puasa merupakan ajang relaksasi, istirahat, refreshing atau tamasyah dan terbebas dari pekerjaan, kesibukkan rutin.
                                Namun dibalik ajang tamasyah tersebut ada segudang hikmah puasa bagi lambung khususnya dan manfaat besar bagi  seluruh tubuh secara jasmaniyah dan rohaniyah. Hikmah itu diantaranya terjadi proses pembersihan besar-besaran bagi tubuh dari semua elemen atau kotoran yang tersisa atau melekat terutama di kawasan pencernaan.
                                Bagi lambung, puasa juga ibarat istirahat atau tidur yang di butuhkan setiap makhluk.Tidur memberikan manfaat besar bagi kesehatan jiwa dan raga. Tidur melepaskan kita dari ragam kesibukkan,kelelahan sekaligus memberikan kesegaran serta pemulihan kondisi tubuh. Untuk itu tidur atau rest bagi lambung juga sangat diperlukan untuk melepaskan kepenatan sembari memulihkan’stamina’organ tersebut.
                                  Rasulullah…bersabda : “ puasa adalah perisai. Apabila salah seorang diantaramu sedang berpuasa, hendaknya ia tidak berkata keji dan tidak pula memperolok orang lain. Kemudian apabila ada seseorang yang hendak membunuh atau mencaci makinya, hendaklah ia berucap dua kali, “Aku sedang puasa” Demi zat yang jiwa Muhammad berada dibawah kekuasaan-Nya . Bau tidak sedap mulut seorang yang berpuasa  adalah lebih baik bagi Allah dari pada harumnya minyak wangi. Firman Allah : “Ia meninggalkan makanan, minuman dan hawa nafsunya demi Aku. Puasa adalah untuk-KU dan AKu yang  akan memberikan imbalanya. Suatu kebaikan akan di beri imbalan sepuluh kali lipat.”( HR Muslim )
                                Menurut ulama kedokteran Islam terkemuka Ibnu Qoyyim AL-jauziyah, puasa adalah perisai terhadap  penyakit jasmani maupun rohani. Kegunaanya terlalu banyak untuk dihitung dengan jari, pengaruhnya juga sangat menakjubkan sekali dalam menjaga kesehatan, melebur berbagai ampas makanan, menahan diri dari berbagai makanan yang berbahaya. Puasa juga mengandung obat penenang bagi stamina dan organ tubuh sehingga energinya tetap terjaga. Puasa juga mengandung khasiat yang manjur dalam menentramkan detak jantung. Juga amat bermanfaat bagi mereka yang memiliki pencernaan dingin dan lembab serta berpengaruh besar dalam menjaga kesehatan.   
                                Sementara itu Dr. Ahmad Husein Salim dalam disertasinya bertajuk AL-Maradh Wasy – syifa Fil – Qur’anul –Karim menyatakan organ pencernaan merupakan kawasan yang paling banyak mendapatkan pengaruh dari disiplin puasa. Adapun manfaat puasa lainya adalah…
1.
Pembebasan tubuh dari lemak
yang menumpuk yang menjadi
 beban berat baginya dan sering menjadi
pemicu penyakit,termasuk masalah obesitas.
Maka lapar adalah cara alami yang bermanfaat
Untuk mengatasi obesitas,melelehkan lemak
Yang menumpuk serta memperbaiki
metabolisme lemak didalam tubuh.
2.
Memberikan kesempatan kepada sel-sel
Tubuh dan kelenjarnya untuk menjalankan
Fungsinya secara sempurna,
Terutama lambung,hati dan usus.
3.
Membuang endapan-endapan
Dan toksin ( racun ) yang menumpuk.
4.
Mengistirahatkan ginjal dan organ kencing
Di sebagian waktu dari tugas membuang
Sisa-sisa kinerja tubuh secara terus-menerus.

5
Mengurangi masuknya lemak kedalam
Pembuluh darah dan melindunginya
dar penebalan dindingnya.
6.
Lapar dapat memberikan kesegaran dan semangat
Jasmani dan rohani.

                                Dari data dan fakta yang berkembang juga diperoleh manfaat menakjubkan dari puasa antara lain: Membebaskan tubuh dari racun, kotoran, dan ampas yang merusak kesehatan; memblokir makanan dari bakteri, virus, dan sel kanker sehingga kuman-kuman tidak bisa bertahan hidup; menambah jumlah sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh.
                                Dari sejumblah penelitian menyebutkan puasa efektif meningkatkan dengan pesat pertumbuhan jumblah sel darah putih sebagai unsur utama dalam system pertahanan tubuh. Selain itu puasa juga memberikan pengaruh besar menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh; Memperbaiki fungsi hormon yang diperlukan dalam berbagai proses fisiologis dan biokimia tubuh; Meremajakan sel-sel tubuh; Organ tubuh menjadi rileks, sehingga mempunyai kesempatan untuk memperbarui sel-selnya; Meningkatkan fungsi organ tubuh;
                                Puasa akan memberikan rangsangan terhadap seluruh sel, jaringan, dan organ tubuh yang menghasilkan, memulihkan serta meningkatkan fungsi organ sesuai fungsi fisiologisnya, misalnya panca indra menjadi lebih tajam; dan puasa meningkatkan fungsi organ reproduksi ( kesuburan ).
                                Alhasil telah banyak kaum muslim yang membuktikan dengan puasa maagnya reda dan tidak kambuh. Untuk itu puasa merupakan kebaikan jasmaniyah dan ruhaniyah. Tentu saja puasa sunnah atau wajib diniatkan lilahi ta’ala bukan karena manfaat yang telah saya ulas diatas. Manfaat puasa kita dapatkan dan yang terpenting nilai pahala puasa kita….nah sobat herbal…mari kita berpuasa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat herbal maupun sobat blogger.
Share this article :
Lintas me
 
Support : bursaobatherbal | herbal | google code | google | blogger | yahoo | bing
Copyright © 2011. Bursa obat herbal - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger